どうもありがとうございます terima kasih telah berkunjung

Tuesday, October 26, 2010

teru bolang

pameran
Liminal being
Ceramic works of Albert Yonathan

Konbanwa minna !
Hehe… post kali ini teru mau berbagi pengalaman aja nih
Pengalaman teru pergi ke pameran
Pameran yang keren dan unik banget
Teru lupa tepatnya tanggal berapa pameran itu diselenggarakan
Cuma jadwal yang ada menyebutkan dari tgl 5-19 Mei 2010
Tempatnya di Japan Foundation, Jakarta

Nah, ini ada beberapa penjelasannya :

Liminal adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah kondisi
atau keadaan transisi dalam sebuh proses transformasi. Istilah ini sering digunakan
dalam kajian antropologi atau psikologi. Dalam beberapa cerita fiksi atau cerita mitologi. Dengan pemaknaan yang lebih fleksibel, istilah ini sering digunakan untuk mendeskrepsikan karakter makhluk yang merupakan sebuah kombinasi antara dua tingkat eksistensi yang simultan namun berbeda satu dengan lainnya dalam satu tubuh fisik. Seperti misalnya Centaur, Bascelik, Buraq, dll yang hadir dalam berbagai cerita mitologi.

Secara spesifik dalam pameran ini, perwujudan manusia dan burung hadir secara bersamaan yang dimaknai secara simbolik. Makna tersebut meujuk pada makna simbolik dalam beberapa kebudayaan yang menganggap burung sebagai perwujudan sosok penyampai pesan, atau juga simbol dari jiwa manusia.

Karya-karya ini adalah sebuah kontemplasi dengan menggunakan metode repetisi. Media keramik sendiri yang berasal dari lempung atau tanah liat tidak pernah terlepas dari makna kulturalnya. Keramik sebagai sebuah artefak merefleksikan proses penciptaan yang melibatkan tanah, air, dan api, berikut juga proses pembentukan yang melibatkan tangan secara langsung, dapat dimaknai secara simbolik sebagai sebuah proses transformasi yang memiliki asosiasi spiritual.


No. 1 – equilibrium
2 – horizon
3 – symetry


No. 4 – once we were planted
5 – tranquility

No comments: